Laga Kualifikasi Piala Dunia Diulang Karena Ada Kecurangan

Laga Kualifikasi Piala Dunia Diulang Karena Ada Kecurangan

Laga Kualifikasi Piala Dunia Diulang – Curang, laga kualifikasi piala dunia zona Afrika antara Afrika Selatan vs Senegal diputuskan oleh FIFA untuk diulang karena wasit yang memimpin laga tersebut telah dihukum atas perkara pengaturan pertandingan.

Laga Kualifikasi Piala Dunia Diulang

Wasit asal Ghana, Joseph Lamptey, melakukan kecurangan dalam pertandingan yang digelar pada November 2016 tersebut. Dalam pertandingan tersebut, Joseph Lamptey memberikan hadiah pinalti kontroversial yang mengakibatkan Afrika Selatan memperoleh kemenangan 2-1 atas Senegal.

Melihat ada indikasi kecurangan, FIFA menyelidiki pengaturan pertandingan tersebut. Hasilnya terbukti dalam pertandingan ketika itu terdapat unsur pengaturan pertandingan yang melibatkan sang wasit.

Seperti dikabarkan oleh AFP, karena terbukti mengatur pertandingan, wasit asal Ghana tersebut awalnya diskors selama 3 (tiga) bulan oleh Federasi Sepakbola Afrika (CAF) karena telah memberikan hukuman ‘handball’ yang sebenarnya tak ada. Melanjutkan penyelidikan tersebut, FIFA akhirnya menjatuhkan larangan hukuman seumur hidup untuk wasit tersebut pada Maret lalu.

Alhasil, FIFA memutuskan pertandingan babak kualifikasi antara Afrika Selatan kontra Senegal dilakukan pertandingan ulangan yang akan berlangsung November mendatang.

Mengetahui berita tentang pengulangan pertandingan tersebut, Senegal merespon dengan senang hati. Dengan tersisa dua laga, Pertandingan ulangan tersebut memacu semangat Senegal yang kini berada di posisi ketiga, satu poin di belakang Cape Verde dan Burkina Faso dalam Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika. Pada grup ini, hanya juara grup yang mendapatkan jatah tiket lolos ke babak final piala dunia 2018 di Russia.

FIFA telah menjelaskan keputusan untuk mengulang pertandingan tersebut setelah Konfederasi Sepakbola Afrika mengkonfirmasi larangan seumur hidup untuk wasit pertandingan, Joseph Lamptey, atas perbuatannya, memanipulasi pertandingan, dan keputusan tersebut mutlak diberlakukan oleh Komite Disiplin dan Banding FIFA.

Berikut pernyataan yang telah dikeluarkan FIFA, “Sebagai hasil dari tindak lanjut sebagaimana dinyatakan dalam aturan piala dunia, keputusan Pertandingan ulangan antara Afrika Selatan kontra Senegal akan diadakan pada saat jeda internasional sekitar bulan November 2017, sambil menunggu tanggal yang akan di konfirmasikan pada waktunya.”

, , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *